Dibutuhkan Kartu Khusus Agar Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran


Pengamat Ekonomi dari UNDIP Semarang - Firmansyah Ph.D menyampaikan paparannya dalam FGD Mekanisme Distribusi Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran yang digelar oleh Pertamina MOR IV bekerjasama dengan Warek di Hotel Chanti Semarang, selasa (31/10) kemarin.

Semarang - Salama ini sebagian masyarakat sering mengalami kesulitan untuk melakukan pembelian Elpiji 3Kg. Keadaan ini bisa terjadi karena beberapa hal, karena tidak akuratnya jumlah data keluarga miskin dan penggunaan Elpiji 3Kg yang tidak bijak oleh masyarakat.

Pengamat Ekonomi yang juga wakil dekan ekonomi Undip Semarang - Firmasyah Ph.D mengatakan, kelangkaan Elpiji 3Kg sebenarnya tidak perlu terjadi, apabila jumlah keluarga miskin datanya akurat.

"Distribusi elpiji 3Kg selama ini memang belum tepat sasaran, masih banyak yang menggunakan elpiji 3 Kg tidak‎ sesuai peruntukkannya. Kuncinya adalah keakuratan data keluarga miskin dan kesadaran masyarakat. Bahkan ada pemakaian Elpiji untuk pemanas air (water heater)," jelas Firmansyah dalam paparannya saat  FGD Mekanisme Distribusi Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran, di Hotel Chanti Semarang, Selasa (31/10) kemarin.

Selain Firmansyah, hadir sebagai narasumber dalam diskusi tersebut diantaranya Kepala ESDM Provinsi Jawa Tengah - Teguh Dwi Paryono, Assistant Mgr DOM Gas Pertamina - Anggoro Dini, Anggota DPRD Jawa Tengah - Riyono

Semua narasumber foto bersama diakhir acara dengan memakai kostum yang seragam dengan campaign, Saya Malu Pake Elpiji 3 KG

Dengan pendistribusian Elpiji 3Kg yang baik oleh Pertamina, dan masyarakat menggunakan sesuai dengan peruntukkannya, kesulitan sebagian warga untuk mendapatkan elpiji subsidi ini tidak akan terjadi.

"Elpiji 3Kg sebenarnya hanya bisa dinikmati oleh tiga golongan, yaitu rakyat miskin, usaha mikro, dan nelayan (dibawah penggunaan mesin 5 juta)," jelas Firmasyah.

Tahun 2017 kuota tabung elpiji 3 Kg untuk Jawa Tengah sebesar 311.044.667 tabung, kuota‎nya naik 6,2 persen dibandingkan 2016. Sedangkan realisasi sampai bulan September 2017, kuota terserap 75% atau 769.447 MT atau 226.482.333 tabung.

Ketua Panitia FGD - Alkomari (kanan) memberikan plakat kepada salah satu narasumber, Kepala ESDM Provinsi Jawa Tengah - Teguh Dwi Paryono

"Beberapa hal yang bisa dilakukan agar distribusi Elpiji 3Kg tepat sasaran, yaitu pendataan  penerima subsidi yang akurat, pembangunan infrastruktur pendistribusian yang transparan, adanya kartu khusus bagi bagi masyarakat peneriama, jika tidak memiliki kartu tersebut berlaku harga non subsidi, dan evaluasi yang terus - menerus agar subsidi tepat sasaran", tegas Firmansyah.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dibutuhkan Kartu Khusus Agar Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran"

Posting Komentar