Bakti Telkom Untuk Negeri


Executive Vice President Telkom Regional Jateng & DIY - Joko Raharjo memberikan bantuan kemitraan kepada UKM, bantuan ini merupakan pendampingan pada UKM binaan untuk memperkuat bisnis dan kejesahteraan masyarakat 


Semarang - Sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia, Telkom menyadari adanya dua tanggung jawab besar. Pertama yakni peningkatan profit dalam rangka mensejahterakan masyarakat, dan kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan kemasyarakatan. Tak hanya bicara soal bisnis, Telkom juga secara optimal melakukan sinergi dengan beberapa kelembagaan, utamanya dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), demi tercapainya mimpi membawa Indonesia merasakan atmosfer digital secara merata. Sinergi BUMN yang gencar dilakukan Telkom belakangan ini yakni penyediaan Balai Pustaka Digital (PaDi) yang tersebar di 34 propinsi di Indonesia. 

EVP Telkom Regional Jateng & DIY - Joko Raharjo mengatakan," Total lokasi PaDi mencapai 200 titik di seluruh Grapari Telkomsel, WIFI Corner, Plasa Telkom, dan beberapa Perpustakaan daerah, sekolah, bahkan untuk Telkom Regional IV telah bekerja sama dengan OJK Regional-3 untuk mengembangkan Desa Pinter di seantero Jateng dan DIY. Harapannya, jumlah ini akan terus bertambah hingga 5.000 titik," kata Joko di Semarang, kamis (16/3) kemarin.
 
Dengan begitu Telkom tidak hanya sekedar membangun infrastruktur telekomunikasi, tetapi juga ikut berperan dalam membangun bangsa melalui dunia pendidikan. Pustaka Digital ini merupakan bentuk sinergi BUMN dimana Telkom menyediakan e-library secara gratis dalam bentuk buku digital atau e-book pada masyarakat luas.
Dalam upaya mewujudkan masyarakat yang digital, Telkom juga mendukung program pemerintah dengan menyediakan konsep Smart City di 219 kota di Indonesia. 

Konsep ini merupakan solusi yang disediakan Telkom secara komprehensif untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, mulai dari Smart Government, Smart Education, Smart Healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment, dan Smart Citizen.
Dari segi perekonomian industri, Telkom pun turut serta mendukung usaha pemerintah dengan menyediakan platform digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui e-commerce blanja.com. Keseriusan Telkom dalam menggarap digitalisasi industri UMKM ini dipertegas dengan menyelenggarakan Pameran Telkom Craft Indonesia pada Jumat (10/3) lalu.

Ajang ini selaras dengan program Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN guna membina pelaku UMKM memperoleh access to competence, commerce, dan capital. Harapannya, program ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam merealisasikan misi Nawacita untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara. 

Kegiatan CSR (Corporate Social Respobsibility) berikutnya adalah kegiatan Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan.  Program Bina Lingkungan merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di bidang sosial dan lingkungan hidup yang dilakukan antara lain dengan program pemberian bantuan penanggulangan bencana alam, pendidikan dan pelatihan, kesehatan masyarakat, sarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, pengentasan kemiskinan dan peningkatan mitra binaan. Sedangkan Program Kemitraan, yakni merupakan program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui penyaluran dana pinjaman untuk mitra binaan. 
"Dalam pelaksanaannya, Telkom Regional IV telah menyalurkan dana di periode tahun 2016 sebesar total 52,7 Milyar rupiah, dengan perincian untuk Bina Lingkungan sebesar 1,45 milyar rupiah, dan program Kemitraan sebesar 51,3 milyar rupiah," jelas Joko.  

Dalam memberdayakan mitra binaan, Telkom menerapkan empat tahapan pembinaan, dimulai dari Perintisan berupa pemberian pinjaman modal, Penguatan melalui garansi pinjaman bergulir selama ikatan kerjasama , Pengembangan dengan perluasan channel pemasaran dan peningkatan skill dan knowledge melalui program pelatihan, serta kemandirian melalui mekanisme evaluasi laporan finansial dan mentoring.  Selain itu program pemberdayaan UKM juga dilakukan melalui komunitas. Telkom memberikan pendampingan pada UKM untuk saling memperkuat bisnis bersama dalam komunitas tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakti Telkom Untuk Negeri"

Posting Komentar