Lestarikan Alam Karimunjawa, Yamaha Tanam Mangrove


Anggota Max Riders Semarang (Mars) melakukan penanaman mangrove untuk melestarikan alam Karimunjawa di Tracking Mangrove Taman Nasional Karimunjawa, jumat (4/11) kemarin

Semarang - Yamaha DDS III Jawa Tengah akhir pekan lalu menggelar Journalist Gathering selama tiga hari di Pulau Karimunjawa. Kegiatan tiga hari yang digelar mulai jumat (4/11) sampai minggu (6/11) ini diikuti oleh 16 jurnalis media cetak di Jateng & DIY. Journalist Gathering yang mengusung tema Explore Karimunjawa ini bersamaan dengan kegiatan N-Max Karimunjawa Adventure yang digelar oleh komunitas Yamaha N-Max Semarang, atau yang lebih familiar disebut Max Riders Semarang (Mars). Sebanyak 25 anggota Max Riders Semarang (Mars) beserta keluarganya ikut dalam kegiatn ini.

Komunitas Yamaha N-Max Semarang, Mars foto bersama di depan Tracking Mangrove Taman Nasional Karimunjawa

Ketua Max Riders Semarang (Mars), Agus Achmadiyanto mengungkapkan, kegiatan N-Max Karimunjawa Adventure ini selain untuk menjalin silaturrahmi sesama anggota Mars agar lebih akrab lagi, juga untuk mengunjungi tempat - tempat wisata di pulau Karimunjawa.

"Banyak kegiatan yang kami lakukan selama tiga hari di sini. Selain mengunjungi beberapa tempat wisata yang selama ini menjadi icon Karimunjawa, kami juga melakukan penanaman mangrove. Penanaman mangrove ini sebagai bentuk kepedulian Yamaha, khususnya Yamaha Max Riders Semarang terhadap kelestarian hutan mangrove di pulau Karimunjawa. Apalagi sejak sejak tanggal 15 Maret 2001 lalu, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Kelestarian alam ini menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk juga kami," kata Agus disela - sela acara penanaman mangrove di Tracking Mangrove Taman Nasional Karimunjawa, jumat (4/11) kemarin.


Persahabatan bagi anggota Mars adalah sesuatu yang paling membahagiakan, action bersama sambil menunggu sunset di Pulau Hanora

Pulau Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang masuk dalam pemerintahan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pulau Karimunjawa adalah "syurga-nya" Jawa Tengah, Karimunjawa dalah rumah bagi rumah terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Dan masih ada lagi, tumbuhan langka yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa ini, yaitu Dewadaru (Crystocalyx macrophyla).

Kegiatan Max Riders Semarang (Mars) hari pertama di Pulau Karimunjawa ini, setelah tiba di Karimunjawa langsung touring menuju Hutan Mangrove. Anggota Mars melakukan penanaman mangrove di Tracking Mangrove Kawasan Nasional Karimunjawa ini. Petualangan selanjutnya touring menuju Pantai Hanora.


Snorkeling merupakan kegiatan yang paling ditunggu bagi wisatawan di Karimunjawa

"Alur jalan yang menuju pantai Hanora cukup menantang, jalan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu jalan aspal, disambung jalan beton semen, kemudian jalan tanah yang tidak rata. Dengan Yamaha N-Max yang sudah dilengkapi double disc brake, ABS (Anti-Lock Brake System), Double Shock Breaker tak jadi masalah, jalanan tersebut dapat dilewati dengan lancar dan tetap terasa nyaman di atas Yamaha N-Max," kata Fran Ardiansyah, pengendara Yamaha N-Max yang menjabat sekertaris Max Riders Semarang di Pantai Hanora.

Pantai Hanora lokasinya masih asri, dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Anggota Mars yang membawa serta istri dan juga anak ini terlihat sangat menikmati pantai ini.Mereka berkumpul dan bercanda ria sambil menunggu matahari tenggelam atau sunset yang indah di Pantai Hanora. Malam harinya merupakan kegiatan bebas, anggota Mars bisa memilih kegiatan yang disukai, memancing dilaut atau berjalan-jalan di Alun-Alun Karimunjawa.

Bercanda dengan Hiu Kencana di penangkarannya merupakan hal yang ngeri - ngeri sedap

Selain keindahan alamnya, di Karimunjawa juga terdapat toko - toko souvenir khas pulau ini, seperti gelang kayu dewadaru, kayu setigi, tasbih, gantungan kunci, keris, tongkat komando, ikan asin, keripik ikan, baju, topi dan berbagai macam souvenir lainnya. "Teman - teman tidak hanya  belanja souvenir khas Karimunjawa, tapi wajib menikmati kuliner ikan dan cumi bakar khas karimun yang lezat," tambah Agus.

Kegiatan hari kedua adalah petualangan laut menuju Pulau Menjangan besar untuk melihat penangkaran Hiu. Anggota Mars yang punya nyali dapat merasakan sensasi ekstrim berenang bersama Hiu. Setelah dari penangkaran Hiu, kegiatan selanjutnya adalah snorkeling di Maer, Pulau Menjangan Kecil dan Gugusan Karang Taka Sendok (spot ikan nemo). Kegiatan snorkeling ini bisa dilakukan semua anggota Mars, karena bagi anggota atau keluarganya yang tidak bisa berenang sudah disedikan jaket pelampung. Gugusan karang yang indah, menjadi rumah bagi fauna laut yang beraneka ragam ini terlihat sangat menyejukkan mata dan hati. Setelah puas berenang dan snorkeling, petualangan dilanjutkan menuju pulau Tanjung Gelam. Bila tidak hujan, di pulau ini sunset indah sekali. Sambil menunggu waktu sunset, anggota Mars bisa bermain voly, berjalan-jalan dipantai ataupun bermainan ayunan dipinggir pantai yang sudah tersedia.

Anggota Mars bersiap touring keliling Karimunjawa dengan Yamaha N-Max 

Di hari terakhir, kegiatannya adalah petualangan darat berkeliling pulau Karimunjawa dengan Yamaha N-Max. Berkunjung ke Pulau Karimunjawa ini meskipun belum ada SPBU,  komunitas Yamaha N-Max tidak perlu kuatir. Pengisian BBM yang dibeli eceran dengan jumlah terbatas tidak menjadi kendala bagi Yamaha N-Max. Karena Yamaha N-Max sudah memiliki teknologi Blue Core, teknologi yang mampu membuat mesin menghemat bahan bakar sampai 50% Lebih Irit.

"Mengendarai Yamaha N-Max banyak kelebihannya, selain body besar, mewah dan gagah, motor ini sangat nyaman dikendarai dan irit bahan bakar. Keliling Karimunjawa sejauh 45 km dengan Yamaha N-Max cukup dengan 1 liter BBM. Hanya dengan 1 liter BBM kami, bisa berpetualang kemana saja tanpa risau konsumsi bahan bakar," jelas Fran.

Touring keliling Karimunjwa diakhiri di Bukit Love, disana pengunjung bisa berfoto ria bersama sangkar burung raksasa dan Love landmark Krimunjawa. Dari atas bukit ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam pulau ini, gugusan pulau yang luas nan hijau, dan luasnya lautan serta pantai yang indah.

Marketing Promotion Yamaha DDS 3 Jawa Tengah - Zaldiansyah (duduk, tiga dari kiri) foto bersama dengan jurnalis media cetak se-Jateng & DIY dalam malam ramah tamah di Cafe Amore Karimunjawa


Marketing Promotion Yamaha DDS III Jawa Tengah, Zaldiansyah mengatakan," Kegiatan Explore Karimunjawa selama tiga hari ini selain sebagai apresiasi Yamaha kepada konsumen setianya, khususnya konsumen Yamaha N-Max, juga ungkapan terima kasih sebesar - besarnya kepada mitra atas kerjasamanya selama ini. Sengaja kami pilih kegiatan di sini, karena di Karimunjawa ini alamnya sangat indah. Semua ada ada di sini, dari bukit yang indah nan hijau, pantai yang bersih dan luas, laut yang lengkap dengan batu karang serta fauna didalamnya yang menyejukkan mata dan hati, dan juga  penduduk yang ramah. Semoga kegiatan ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda dan kesan damai yang mendalam buat kami, komunitas N-Max, dan juga mitra media,"ungkap Zaldiansyah
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lestarikan Alam Karimunjawa, Yamaha Tanam Mangrove"

Posting Komentar