Nasmoco Ciptakan Mekanik Terbaik


Managing Director Nasmoco Group - Fatrijanto (empat dari kiri) beserta manajemen foto bersama jawara Regional Skill Contest (RSC) 2016 di Nasmoco Kaligawe Semarang, minggu (23/10)

Semarang - Nasmoco Group selaku diler resmi Toyota wilayah Jawa Tengah & DIY tahun ini kembali menggelar Regional Skill Contest (RSC) 2016, kegiatan ini menjadi jawaban akan kebutuhan mekanik mobil yang terbaik. RSC merupakan ajang adu skill para mekanik yang diikuti oleh 21 cabang Nasmoco Group di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kontes mekanik tahun ini digelar di cabang Nasmoco Kaligawe di Semarang, Jumat-Minggu (21-23/10) kemarin.

Tahun ini RSC mengusung tema Best Performance for Best In Town, tema ini menjadi motivasi bagi Nasmoco untuk memberikan layanan terbaik untuk pelanggan, melebiihi ekspektasi pelanggan. Pelaksanaan RSC 2016 sama dengan sebelumnya, seluruh cabang Nasmoco di Jateng & DIY mengirimkan mekanik terbaiknya, hasil seleksi di cabang masing - masing. Mekanik ini akan beradu kemampuan dalam sembilan kategori perlombaan, yakni body repair, paint repair, technician general repair, foreman, service advisor, partsman, technician body, technician paint, dan Nasmoco Emergency Assistance (NEA).

Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto menyebutkan ajang RSC ini merupakan salah satu bentuk komitmen Nasmoco untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang terbaik di bidang masing-masing dengan standar Global yang sudah ditetapkan Toyota.

“Tujuan kami menggelar Regional Skill Contest (RSC) ini bukan hanya sebatas untuk mencari siapa yang terbaik. Dengan adanya kontes ini diharapkan para mekanik Nasmoco  bisa terus melakukan pengembangan skill dan memperbaiki kemampuan mereka, sehingga saat melayani costumer akan memberikan kepuasan. Penilainnya tidak hanya dilihat dari kecepatan dan kualitas hasilnya, tapi mekanik juga harus bekerja sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan. Kalau kualitas pekerjaannya bagus dan cepat tapi urutan pengerjaan tidak sesuai dengan SOP [standard operating procedure] Toyota, peserta juga tidak bisa menang dalam Regional Skill Contest ini,” kata Fatrijanto disela acara Regional Skill Contest (RSC) 2016 di cabang Nasmoco Kaligawe Semarang, minggu (23/10) kemarin.

Nastiti mekanik asal Nasmoco Kaligawe sedang melakukan pencampuran bahan dasar untuk menyelesaikan pengerjaan surfacer dalam ajang Regional Skill Contest 2016

Di tempat yang sama, ketua panitia RSC tahun ini yang juga Human Resource Departement (HRD) Head Nasmoco Group, Rendra Noviansyah menambahkan "Nasmoco Group pertama kali menggelas RSC itu tahun 1995, tahun 1995 hingga 2008 RSC digelar tiap 2 tahun.  Mulai 2009 RSC kami gelar tiap tahun, dan tahun ini diikuti oleh 18 mekanik untuk dua kategori. 9 mekanik untuk kategori body repair dan 9 mekanik untuk painting," jelas Rendra.

Ajang RSC tahun ini digelar selama tiga hari, hari pertama peserta melakukan pemahaman materi, hari kedua praktek, dan hari ketiga quality control. Mekanik terbaik dari ajang RSC ini berhak mengikuti National Skill Contest (NSC) yang akan dilaksanakan di Toyota Astra Motor (TAM) Jakarta pada bulan November mendatang. Pada penyelenggaraan NSC tahun lalu, mekanik - mekanik dari Nasmoco Group tampil sebagai yang terbaik di tingkat nasional. Prestasi mekanik Nasmoco di NSC tahun lalu adalah juara 1 kategori technician GR, juara 1 kategori Foreman, juara 1 kategori body repair, dan juara 3 kategori partsman.

Mekanik peserta Regional Skill Contest 2016 sedang melakukan penandaan cat 

Sebelum di Nasmoco Kaligawe, Regional Skill Contest juga sudah digelar di Bandung, pada 16-18 september 2016 lalu. Mekanik Nasmoco juga ikut dalam ajang ini, RSC digelar  di kantor Auto 2000, Bandung. Dalam RSC di Bandung itu, mekanik dan teknisi Nasmoco Group sukses menyabet juara pada kategori service advisor, general repair, partsman, dan foreman.

Hingga saat ini jumlah mekanik Nasmoco Group mencapai 500 - 600 orang yang tersebar di seluruh cabang, jumlah belum termasuk mekanik tambahan atau bukan karyawan tetap. Mekanik Nasmoco Group merupakan hasil perekrutan dari SMK - SMK di Jateng & DIY yang menjadi binaan Nasmoco sejak 1996.

Peserta Regional Skill Contest 2016 sedang melakukan Surfacer atau pengecatan dasar

"Untuk SMK - SMK ini kami membantu buku pelajaran, alat peraga, mesin, bahkan juga mobil untuk praktek siswa. Para guru juga kami berikan diklat khusus untuk pemahan materi terbaru. Tiap tahun Nasmoco juga membuka 4 kelas untuk siswa SMK ini, jumlah sekitar 80 siswa. Setelah lulus, mereka nanti akan mendapat sertifikat yang akan menjadi modal besar buat masa depan siswa tersebut," terang Rendra.

Daftar Juara RSC 2016

1. Kategori Nasmoco Emergency Assistance:
Juara 1 Nasmoco Majapahit
Juara 2 Nasmoco Gombel
Juara 3 Nasmoco Salatiga

2. Kategori Paint Repair:
Juara 1 Nastiti dari  Nasmoco Kaligawe
Juara 2 Aan Aprilianto dari  Nasmoco Bantul
Juara 3 Arif Saputro dari Nasmoco Ring Road

3. Kategori Body Repair:
Juara 1 Agung Budi dari Nasmoco Kaligawe
Juara 2 Wheno Pambudi dari Nasmoco Purwokerto
Juara 3 Mufid Kurniawan dari Nasmoco Bantul

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasmoco Ciptakan Mekanik Terbaik"

Posting Komentar